Albert Einstein dan Eddington [streaming]

29 Mei 1919, ekspedisi ilmuwan Inggris yang dipimpin oleh Sir Arthur Eddington mengamati gerhana matahari total di Pulau Principe, Afrika. Tujuannya hanya satu, membuktikan apakah Newton atau Einstein yang benar.

Kembali pada tahun 1914, ketika terjadi Perang Dunia I, Sir Oliver Lodge menunjuk Arthur Eddington sebagai kepala penelitian astronomi di Cambridge. Eddington adalah pengukur terbaik di Inggris saat itu. Misi yang diemban Eddington adalah membuktikan bahwa teori Einstein, seorang ilmuwan Jerman, salah dan dunia tetap berpegang pada prinsip Newton tentang gravitasi dan alam semesta.

Sedangkan di Swiss, Einstein ditawari Max Plank untuk kembali ke Jerman dan mengabdi di Prussian Academi of Sciences. Dengan iming-iming dana penelitian yang tidak terbatas untuk membuktikan teorinya, Einstein pergi  ke Jerman meninggalkan istri dan anaknya.

Eddington yang mempelajari tulisan-tulisan Einstein merasa terkesan dengan teori baru yang diberikannya. Namun, karena ketegangan masa perang. Eddington mulai kesulitan mendapatkan jurnal-jurnal yang ditulis  Einstein, hingga dia memutuskan untuk langsung menulis surat kepadanya. Diskusi dua ilmuwan ini berlanjut lewat surat menyurat. Hingga terjadi insiden di Ypres dimana tentara Jerman menggunakan gas klorin yang membunuh ribuan tentara Inggris, termasuk William, ‘teman dekat’ Eddington. Hubungan kedua Negara benar-benar terputus.

Einstein memprotes keras aksi itu hingga akhirnya dia dikeluarkan dari Prussian Academy. Tenggelam dalam keputusasaan dalam membuktikan teorinya, Einstein jatuh sakit. Sementara Eddington mulai meragukan keberadaan Tuhan gara-gara William tewas. Ketika akhirnya Einstein bisa memecahkan teorinya, dia berkirim surat pada Eddington. Eddington, dibantu temannya Dyson, membujuk Sir Oliver untuk mendanai penelitiannya. Teori Relativitas Einstein berhasil dibuktikan Eddington dengan membandingkan foto posisi bintang-bintang pada saat terjadi gerhana matahari dengan posisi bintang-bintang biasanya. Einstein dengan teori relativitasnya menjadi salah satu ilmuwan yang terkenal, tapi, sayangnya, Eddington tidak.

~subtitle indonesia

untuk melihat video streaming full silahkan klik tautan di bawah ini :

Albert Einstein dan Eddington Movie Server Facebook

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s